Gaji Guru Honorer Kecil

Gaji Guru Honorer Kecil, Mendikbud: Memang Memprihatinkan, Saya Menghimbau Pemda Lakukan Ini ...

Infokemdikbud.com -  Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy mengakui bahwa kesejahteraan guru honorer saat ini masih memprihatinkan. Guru honorer belum mendapatkan upah layak sebagai tenaga pengajar.

"Ya memang di beberapa tempat (guru honorer) masih memprihatinkan," kata Muhadjir kepada detikFinance, Jakarta, Kamis (3/5/2018).


Dia menjelaskan kesejahteraan guru honorer yang masih rendah tersebut karena hanya digaji berdasarkan kemampuan pihak sekolah yang melakukan perekrutan. Oleh sebab itu dia meminta kepada pemerintah daerah (Pemda) untuk berani dan bersedia mengalokasikan APBD-nya khusus untuk guru honorer daerahnya.

"Saya hanya bisa mengimbau kepada masing-masing Pemda untuk peduli tentang nasib guru honorer. Dan saya minta juga kepala sekolah untuk tidak gampang, tidak mudah dalam merekrut guru honor pengganti itu, terutama yang tidak memenuhi kualifikasi," jelas dia.

Muhadjir mengatakan, bahwa guru honorer dibutuhkan pihak sekolah untuk dapat membantu kegiatan belajar mengajar. Pasalnya, masih banyak sekolah yang kekurangan tenaga pengajar atau guru berstatus pegawai negeri sipil (PNS).

"Kita tidak bisa menyalahkan kepala sekolah ketika merekrut guru pengganti itu. Sistem belajarnya harus terus jalan, tapi pengajarnya kurang," kata dia.

Sumber : Detik

Demikian informasi yang dapat infokemdikbud.com berikan, Semoga ada manfaatnya untuk kita semua..........

Komentar

Postingan Populer